Kamis, 15 Oktober 2009

Kutil Kelamin

Penyakit kutil kelamin termasuk penyakit akibat hubungan seksual. Frekuensi atau peluang pengidapannya pada laki-laki dan perempuan adalah sama. Penyakit ini hampir terdapat di seluruh dunia dan penularannya melalui kontak kulit langsung.
Faktor predisposisi antara lain kebersihan, adanya cairan keputihan, atau kelembaban pada pria akibat tidak dikhitan.


Kutil kelamin (genital wart) dalam istilah medisnya disebut kondiloma akuminatum. Penyebabnya adalah virus papilloma humanus (VPH) tipe tertentu. Penyakit ini tumbuh subur terutama di daerah lipatan yang lembab, seperti kelamin luar. Pada wanita yang banyak mengeluarkan cairan keputihan atau wanita yang hamil, pertumbuhan penyakit lebih cepat.

Apabila pengidapan penyakit ini masih baru kelainan kulit yang terjadi berupa pertumbuhan yang bertangkai dan berwarna kemerahan. Jika telah lama agak kehitaman. Permukaannya berjonjot. Jika terjadi infeksi sekunder, warna kemerahan akan berubah menjadi keabu-abuan dan berbau tidak enak.

Beberapa tipe VPH mempunyai potensi tinggi menyebabkan kanker, seperti sering dijumpai pada kanker rahim.

Pengobatan dapat dilakukan dengan kemoterapi, bermacam-macam pembedahan atau dengan laser. Untuk mendapatkan penatalaksanaan yang paling tepat agar dikonsultasikan pada dokter spesialis kulit dan kelamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar